Manipulation and Corruption


Corruption has become an issue of major political and economic significance in recent years and the necessity to take measures against it has become evident.

Explooring Manipulation ?...ask Mbah Ghus Taf..on the spot



What a funny Contractor.. ...

How much we should pay

Alkisah, tiga orang pengusaha dari Indonesia , Amerika Serikat dan Jepang ikutan tender utk memperbaiki gerbang Istana. Penjaga istana mendatangi mereka dan berkata bahwa gerbang butuh perbaikan.
Sang Penjaga menanyakan pada masing-masing kontraktor, sehingga Raja bisa memilih seorang kontraktor.

Kontraktor pertama, dari Amerika Serikat, memperkirakan biaya perbaikan gerbang istana berkisar $300. Sang penjaga menanyakan perinciannya. Si kontraktor bilang, $100 untuk bahan material, $100 untuk buruh dan $100 untuk keuntungannya.
Kontraktor kedua, dari Jepang, bilang butuh biaya $600. Dengan perincian, masing-masing $200 untuk material, buruh dan keuntungan.

Ketika si kontraktor ketiga, dari Indonesia ditanya, berapa biaya perbaikan gerbang istana, si kontraktor Indonesia berkata $5600. Sang penjaga langsung kaget dan minta perinciannya.
Si kontraktor dengan tenang mendekati penjaga dan berbisik, “Pssst.. $2.500 buat kamu, $2.500 buat aku, sisanya suruh si Jepang yang ngerjain“.

What a funny Contractor.. ...

No comments:

Recent Comments